Bagaimana Cara Membuat Target (goal setting) Tujuan Hidup Yang Terbaik Dan Benar

Sudah kerja keras tiap hari, pergi pagi pulang malam, saat pulang pun membawa pekerjaan dengan deadline, hari minggu jalan-jalan ke mall, bermain dengan anak. Saking rutinnya aktivitas ini hingga akhirnya 5, 10 bahkan 20 tahun berlalu, ternyata kita tidak menuju kemana-mana, kita masih melakukan aktivitas yang sama. Tetapi mungkin dengan anak yang sudah hampir dewasa.

overworked

Kebanyakan orang menjalani kehidupan seperti ini, biasanya karena mereka belum menetapkan tujuan hidupnya (dream). Karena seperti sebuah perjalanan, apakah kita bisa melakukan perjalanan besar tanpa adanya perencanaan? Tanpa kendaraan, tanpa bahan bakar, tanpa peta? Tentu tidak, kemungkinan besar kita akan tersesat. Begitupula dalam kehidupan, sudah sewajibnya kita memiliki perencanaan tujuan hidup kita.

Berikut langkah-langkah terbaik dalam membuat target (goal setting) yang benar:

1. Tetapkan Mimpi / Tujuan Hidup.

Memiliki mimpi / tujuan hidup bisa dengan sangat sederhana, contohnya seperti:

  • Saya ingin menjadi ayah terbaik bagi anak-anak saya
  • Saya ingin menjadi artis dengan karya berkualitas hingga dikenal seluruh dunia
  • Saya ingin membangun perusahaan besar yang menciptakan produk untuk kesejahteraan umat manusia
  • Saya ingin mengatasi masalah kelaparan di seluruh dunia
  • Saya ingin menjadi inspirasi sukses bagi sesama orang cacat

Dengan menetapkan tujuan seperti diatas akan memberi kita visi jangka panjang, dan juga motivasi jangka pendek, karena kita tahu setiap aksi yang kita lakukan akan membawa kita menuju suatu tujuan besar yang mulia dalam kehidupan kita.

Baca juga tips pengusaha untuk pemula bagi kamu yang memiliki dream untuk membangun sebuah bisnis:
Tips Pengusaha Pemula yang Harus Kamu Tahu!

2. Gunakan Metode SMART.

smart goal setting

S : Spesific. Sangat jelas, apa, kapan, dimana. Hindari menggunakan kata berarti luas seperti saya ingin kaya, tetapi tetapkan angkanya. Contoh: Saya ingin menabung 12 juta untuk jalan-jalan keluar negeri, yang berasal dari penghasilan gaji saya setiap bulannya.

M : Measurable. Dapat diukur, agar target dapat dipantau sudah seharusnya ada patokan ukuran. Contohnya: Saya sudah menabung 8 juta hingga bulan agustus, sehingga saya tinggal membutuhkan 4 juta lagi untuk mencapai 12 juta yang menjadi target saya.

A: Attainable. Bisa juga disebut realistis, tidak terlalu susah dicapai dan juga tidak terlalu mudah. Contoh terlalu susah dicapai: Anda menargetkan menabung 100 juta untuk DP KPR tahun depan, tetapi anda sendiri belum memiliki pekerjaan / penghasilan.

R: Relevant. Harus sesuai dengan tujuan jangka panjang, Contoh: saya ingin mengikuti kursus masak, karena saya ingin menjadi koki yang hebat dan terkenal. Bukan malah belajar memperbaiki handphone hanya karena diajak teman.

T: Timely. Target anda harus memiliki deadline, batas waktu. Karena dengan batas waktu akan membuat kita lebih semangat untuk mengejar target tersebut lebih cepat, sehingga saat tercapai pun kita akan merasakan kepuasannya.

3. Buatlah Target / Goal Tertulis.

Tulisan fisik membuat target menjadi lebih nyata, sehingga kita tidak mudah melupakannya. Dan gunakan kata yang lebih pasti seperti “harus” dan bukan “ingin”. Contohnya: Saya harus menyelesaikan kuliah saya tahun ini, dengan belajar empat jam setiap hari, selain dikelas. Dan tulisan ini bisa diletakkan di tempat yang selalu dapat kita lihat, sehingga dapat memberi semangat setiap harinya.

4. Buatlah Action Plan.

Seringkali kita hanya semangat dalam membuat tujuan akhir sehingga lupa untuk menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan sepanjang perjalanannya. Padahal justru langkah-langkah kecillah yang menuntun kita menuju hasil besar. Contohnya:

Goal: Menjadi artis terkenal

Action Plan:

  • Rutin berolahraga untuk menjaga penampilan,
  • Membuat akun instagram khusus dengan konten yang berkualitas,
  • Bekerjasama dengan editor,
  • dan seterusnya.

Buat juga resolusi setiap tahunnya agar lebih terarah dalam menentukan tujuan.
Resolusi Paling Populer dan Bermanfaat

5. Tetap Pada Tujuan.

Goal Setting 1

Dalam perjalanan menuju dream kita, sudah pasti terdapat banyak rintangan. Tetapi perlu diketahui kalau rintangan tersebut jauh lebih kecil daripada dream yang telah kita pegang teguh sejak awal. Anda dapat melakukan tips-tips seperti:

  • Berikan diri anda reward, untuk setiap pencapaian yang sudah anda lakukan
  • Bergaul dengan orang yang menghargai dream anda
  • Membaca buku motivasi (self improvement)
  • Berdoa kepada Tuhan, agar Ia selalu menyertai setiap langkah anda.

Membuat goal setting sebenarnya menunjukkan orang yang berhati besar, karena kita mau melakukan perjalanan jangka panjang di kehidupan yang memiliki batas waktu ini dengan mau selalu berkomitmen untuk memberikan 100%. Semoga dream anda tercapai, Sobat! =)

Published by deddytanzil

Mimpi besar selalu dimulai dari langkah pertama. Mari bersama IBT memajukan usaha kuliner bangsa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Discover more from

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading