Agar-agar dan Jelly, sumber serat untuk kesehatan masa kini

Apakah serat itu penting? Ya, sudah pasti. karena manfaatnya untuk penyerapan gizi dengan memperlancar pencernaan sehingga kita menjadi fit & sehat. Kurang serat hanya akan mengakibatkan sembelit, obesitas, kolestrol, dan sebagainya.

agar-agar jelly

Tetapi apakah makanan yang kita makan sehari-hari mengandung serat yg cukup. Menurut pengalaman saya sendiri, sangat tidak cukup. Makanan yang kita makan sehari-hari, apalagi jika makan di restoran, pastinya sangat kurang serat. Dalam suatu menu di restoran biasanya hanya terdapat sedikit sayuran atau hanya mentimun, belum lagi jika makan di restoran Fast Food.

eat burger

Jadi, terpaksa kita harus mengkonsumsi serat tambahan. Pada umumnya serat terdapat pada sayuran & buah-buahan. Jika anda adalah pencinta sayuran atau buah-buahan, baguslah, mungkin saja anda cukup serat.

Tetapi ada juga sumber serat lain yang terkadang kita pandang sebelah mata, yaitu agar-agar. Agar-agar sebenarnya berasal dari tanaman yang bersumber serat tinggi yaitu  Algae (rumput laut)

taiwan street dessert

Jika kita perhatikan, Cincau, Pudding & Jelly pun sebenarnya termasuk dalam kategori agar-agar, hanya saja mereka memiliki rasa yang berbeda-beda. Jika dibandingkan dengan sayuran & buah-buahan, agar-agar jelas kalah dalam hal vitamin & mineral, tetapi sangat efektif jika menjadi sumber serat, sehingga tidak ada salahnya jika anda menjadikan agar-agar sebagai pelengkap makanan rutin anda untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Bahkan ada kebiasaan keluarga untuk memasukkan agar-agar ke dalam nasi putih, untuk menambah aroma & kadar seratnya

Advertisements